upaya peningkatan HASIL BELAJAR PASSING
BAWAH BOLAVOLI MENGGUNAKAN PENERAPAN ALAT MODIFIKASI BOLA PLASTIK PADA SISWA
KELAS IV SD NEGERI I PANINGKABAN
IMPROVEMENT EFFORTS UNDER
THE PASSING OF LEARNING TOOL volleyball APPLICATION USING MODIFIED PLASTIC BALL ON STUDENT AFFAIRS CLASS IV SD I PANINGKABAN
Oleh:BOWO EFRIANTO /PJKR ( kosentrasi PGSD Penjas )/pendidikan olahraga/FIK/Universitas
Negeri Yogyakarta Email : Bowo@yahoo.com
ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya siswa menguasai teknik passing bawah bolavoli, penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran passing
bawah bolavoli dengan alat modifikasi bola plastik .Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas
(PTK). Pada tiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian
adalah siswa kelas IV SD
Negeri I Paningkaban Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 35 anak dengan rincian siswa putra berjumlah 20 anak
dan putri 15 anak.
Variabel dalam penelitian ini adalah peningkatan siswa dalam pembelajaran passing bawah dilihat dari proses dan hasil
pembelajaran siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan
pengamatan langsung pada saat pembelajaran yang terdiri atas: pendahuluan,
inti, dan penenangan oleh peneliti bersama kolabolator, dengan mengunakan
lembar observasi dan tes keterampilan passing bawah siswa yang dilaksanakan sebelum dan sesudah pemberian model
bermain dan juga lembar pengamatan sikap siswa yang meliputi perhatian, keaktifan,
dan ketekunan.Analisis data
menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dengan alat bantu bola plastik dapat meningkatkan
pembelajaran bolavoli khususnya
meningkatkan keterampilan passing bawah siswa yang meningkat dari
persentase 60,60% pada siklus I menjadi 85,83% pada siklus II. Penelitian juga menghasilkan
persentase yang tinggi pada sikap siswa yang meliputi perhatian yang meningkat
dari 84,76% pada siklus I menjadi 89,05% pada siklus II, keaktifan meningkat
dari 83,81% pada siklus I menjadi 86,19% pada siklus II, ketekunan meningkat
dari 84,76% pada siklus I menjadi 87,14% pada siklus II.
Kata kunci :bermainbolavoli, alat modifikasi bola plastik
ABSTRACT
The problem in this research is the lack of students master the volleyball passing techniques, this study aims to improve learning volleyball passing under a plastic ball with a modification. This research is a classroom action research (CAR). In each cycle, there are four stages: planning, implementation, observation, and reflection. Subjects were grade IV Elementary School I Paningkaban Academic Year 2011/2012, amounting to 35 children with a details by boys and girls totaled 20 children 15 children. The variable in this study is the increase of students in learning the passing views of the process and outcomes of student learning. The methods used in collecting data is by direct observation at teaching consists of: introduction, core, and appeasement by researchers with kolabolator, using the observation sheet and bottom students passing skills tests conducted before and after the model of play and observation sheets attitudes of the students which include attention, activity, and ketekunan.Analisis data using quantitative descriptive analysis techniques percentage. The results showed that the plastic ball with tools to enhance learning volleyball skills of passing especially increasing the percentage of students increased from 60.60% in the first cycle to 85.83% in the second cycle. Research also produces a high percentage of students in the attitudes that include increased attention from 84.76% in the first cycle to 89.05% in the second cycle, the activity increased from 83.81% in the first cycle to 86.19% in the second cycle, persistence increased from 84.76% in the first cycle to 87.14% in the second cycle.
The problem in this research is the lack of students master the volleyball passing techniques, this study aims to improve learning volleyball passing under a plastic ball with a modification. This research is a classroom action research (CAR). In each cycle, there are four stages: planning, implementation, observation, and reflection. Subjects were grade IV Elementary School I Paningkaban Academic Year 2011/2012, amounting to 35 children with a details by boys and girls totaled 20 children 15 children. The variable in this study is the increase of students in learning the passing views of the process and outcomes of student learning. The methods used in collecting data is by direct observation at teaching consists of: introduction, core, and appeasement by researchers with kolabolator, using the observation sheet and bottom students passing skills tests conducted before and after the model of play and observation sheets attitudes of the students which include attention, activity, and ketekunan.Analisis data using quantitative descriptive analysis techniques percentage. The results showed that the plastic ball with tools to enhance learning volleyball skills of passing especially increasing the percentage of students increased from 60.60% in the first cycle to 85.83% in the second cycle. Research also produces a high percentage of students in the attitudes that include increased attention from 84.76% in the first cycle to 89.05% in the second cycle, the activity increased from 83.81% in the first cycle to 86.19% in the second cycle, persistence increased from 84.76% in the first cycle to 87.14% in the second cycle.
Keywords: bermainbolavoli, modification tool plastic balls
PENDAHULUAN
Didalam proses pembelajaran bolavoli
siswa kelas IV SD Negeri I Paningkaban pada umumnya sebagian kecil yang memahami dan memiliki keterampilan dasar dalam permainan
bolavoli. Dalam pembelajaran siswa banyak mengalami kesulitan dalam melakukan
teknik dasar (passing bawah).
Sehingga para siswa merasa gagal dan beralih kecabang olahraga lain, disamping
itu proses pembelajaran kurang menyenangkan dan terkesan monoton hal ini
disebabkan kurangnya aplikasi-aplikasi model dan metode yang disajikan didalam
proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran kurang
adanya inovasi didalam menggunakan sarana maupun prasarana dalam proses
pembelajaran materi yang menilai bahwa pemanfaatan alat dan penerapan
modifikasi kurang dimaksimalkan.
Untuk mengatasi hal tersebut di atas maka peneliti
menggunakan
pendekatan bermain dengan alat bantu bola plastik. Pada dasarnya anak suka dengan bermain, karena
dunia anak adalah dunia bermain. Alat bantu bola plastik diharapkan siswa akan lebih
termotivasi dalam proses pembelajaran passing
bawah, karena bola
plastik merupakan bola yang cukup ringan dan terasa lebih lunak jika menyentuh
lengan siswa. Berkaitan
dengan permasalahan tersebut di atas peneliti mencoba meningkatkan pembelajaran
passing bawah bolavoli dengan
bermain. Melalui pendekatan bermain dengan alat bantu bola
plastik sebagai upaya tindakan peneliti, diharapkan dapat meningkatkan proses
pembelajaran, dan selanjutnya akan meningkatkan hasil belajar siswa karena pada dasarnya siswa SD suka
dengan bermain.
METODE PENELITIAN
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus. Penelitian tindakan kelas
adalah suatu perencanaan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang
sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Tindakan
tersebut diberikan oleh guru terhadap siswa dengan hasil akhir berupa laporan
tindakan yang dilakukan oleh siswa, bukan tindakan yang dilakukan oleh guru. Tujuan
penelitian tindakan kelas adalah untuk mengadakan perbaikan atau peningkatan
mutu praktik pembelajaran di kelas.
Waktu dan Tempat Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri I Paningkaban. Penelitian ini direncanakan mulai
bulan Mei 2012 dan selesai penyusunannya pada bulan Juli 2012.Pengumpulan data
dilaksanakan pada bulan Juli 2012.
Subjek
Penelitian
subjek
penelitiannya adalah siswa kelas IV Jumlah siswa adalah 35 orang, siswa putra
berjumlah 20 orang, siswa putri sejumlah 15 orang.
Prosedur Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK) sehingga desain penelitiannya mengacu pada desain PTK yang
terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, melakukan tindakan, pengamatan dan melakukan refleksi.
Data, Instrumen, dan Teknik Pengumpulan Data
Observasi =Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini adalah dengan cara kolabolator melakukan observasi tentang kesesuaian antara rencana
pembelajaran dengan kenyataan pembelajaran di lapangan yang dilakukan oleh
peneliti atau guru, Kemudian dicatat dalam lembar observasi guru.Observasi
terhadap siswa juga dilakukan tentang keadaan yang sesungguhnya di dalam
pembelajaran, yang di dasarkan pada rencana pembelajaran, hasilnya juga dicatat
dalam lembar observasi siswa. Tes=Teknik Tes yang akan digunakan dalam
penelitian ini adalah: Tes
keterampilan passing bawah
selama satu menit kemudian guru atau peneliti mengisi instrument penilaian passing bawah. Tes keterampilan passing bawah
akan dilakukan diawal dan sesudah
pemberian tindakan.
Teknik
Analisis Data
Data disajiakan
secara deskriptif kuantitatif pada hasil penelitian. Tes yang dilaksanakan berupa tes hasil belajar siswa (passing bawah).Hasil tes yang
dilaksanakan pada akhir pertemuan dihitung nilai rata-rata, kemudian
dikategorikan dalam batas-batas penilaian yang didasarkan pada ketuntasan siswa
terhadap materi pelajaran yang diberikan.
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Berdasarkan hasil refleksi dan analisis data dari setiap
pertemuan, maka hasil penelitian tindakan kelas tentang modifikasi bola plastik
dapat meningkatkan hasil pembelajaran passing
bawah bolavoli pada siswa kelas IV Antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran
bolavoli dengan modifikasi bola plastik terlihat dari sikap siswa yang positif. Hal ini terlihat dari aspek perhatian,
keaktifan, dan ketekunan siswa yang tinggi sejak siklus I sampai siklus II.
Peningkatan kemampuan siswa dalam menguasai passing
bawah dengan bola plastik juga meningkat dari persentase
60,60% pada siklus I menjadi 85,83% pada siklus II. Dengan hasil tersebut mampu meningkat dan mencapai ketuntasan dalam belajar yaitu 85,83%. Jadi secara umum dapat dikatakan bahwa
modifikasi bola plastik dapat meningkatkan kemampuan passing bawah bolavoli siswa.
SIMPULAN DAN SARAN
Simpulan
Berdasarkan
analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan alat modifikasi bola
plastik dapat meningkatkan pembelajaran bolavoli khususnya meningkatkan
keterampilan atau teknik. Dengan bola plastik keterampilan dasar bolavoli siswa
meningkat dari persentase 60,60% pada siklus I menjadi 85,83% pada siklus II.
Penelitian juga menghasilkan persentase yang tinggi pada sikap siswa yang
meliputi perhatian yang meningkat dari 84,76% pada siklus I menjadi 89,05% pada
siklus II, keaktifan meningkat dari 83,81% pada siklus I menjadi 86,19% pada
siklus II, ketekunan meningkat dari 84,76% pada siklus I menjadi 87,14% pada
siklus II.
Saran
Agar guru penjas dapat mengadakan
penelitian yang sama untuk dapat meningkatkan generalisasi dan juga
juga perlu meningkatkan kreativits dalam
memodifikasi sarana dan prasarana agar pembelajaran bolavoli dapat berjalan
lebih efektif.
DAFTAR
PUSTAKA
Bachtiar, dkk.(2004). Permainan Besar II Bola Voli dan
Bola Tangan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Herry Koesyanto. (2004). Belajar Permainan Bola
Volley. Semarang: FIK UNNES.
Rusi
Lutan. (2005). Perencanaan dan Strategi
Pembelajaran Penjaskes. Jakarta: Direktur Jenderal Olahraga.
Suharsimi
Arikunto, dkk. (2008). Penelitian
Tindakan Kelas.Jakarta:PT.Bumi Aksara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar