Minggu, 22 Februari 2015

JURNAL OLAHRAGA

upaya peningkatan HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI MENGGUNAKAN PENERAPAN ALAT MODIFIKASI BOLA PLASTIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI I PANINGKABAN
IMPROVEMENT EFFORTS UNDER THE PASSING OF LEARNING TOOL volleyball APPLICATION USING MODIFIED PLASTIC BALL ON STUDENT AFFAIRS CLASS IV SD I PANINGKABAN
Oleh:BOWO EFRIANTO /PJKR ( kosentrasi PGSD Penjas )/pendidikan olahraga/FIK/Universitas Negeri Yogyakarta Email : Bowo@yahoo.com
ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya siswa menguasai teknik passing bawah bolavoli, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran passing bawah bolavoli dengan alat modifikasi bola plastik .Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pada tiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri I Paningkaban Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 35 anak dengan rincian siswa putra berjumlah 20 anak dan putri 15 anak. Variabel dalam penelitian ini adalah peningkatan siswa dalam pembelajaran passing bawah dilihat dari proses dan hasil pembelajaran siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan pengamatan langsung pada saat pembelajaran yang terdiri atas: pendahuluan, inti, dan penenangan oleh peneliti bersama kolabolator, dengan mengunakan lembar observasi dan tes keterampilan passing bawah siswa yang dilaksanakan sebelum dan sesudah pemberian model bermain dan juga lembar pengamatan sikap siswa yang meliputi perhatian, keaktifan, dan ketekunan.Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan alat bantu bola plastik dapat meningkatkan pembelajaran bolavoli khususnya meningkatkan keterampilan passing bawah siswa yang meningkat dari persentase 60,60% pada siklus I menjadi 85,83% pada siklus II. Penelitian juga menghasilkan persentase yang tinggi pada sikap siswa yang meliputi perhatian yang meningkat dari 84,76% pada siklus I menjadi 89,05% pada siklus II, keaktifan meningkat dari 83,81% pada siklus I menjadi 86,19% pada siklus II, ketekunan meningkat dari 84,76% pada siklus I menjadi 87,14% pada siklus II.
Kata kunci :bermainbolavoli, alat modifikasi bola plastik

ABSTRACT
                   The problem in this research is the lack of students master the volleyball passing techniques, this study aims to improve learning volleyball passing under a plastic ball with a modification. This research is a classroom action research (CAR). In each cycle, there are four stages: planning, implementation, observation, and reflection. Subjects were grade IV Elementary School I Paningkaban Academic Year 2011/2012, amounting to 35 children with a details by boys and girls totaled 20 children 15 children. The variable in this study is the increase of students in learning the passing views of the process and outcomes of student learning. The methods used in collecting data is by direct observation at teaching consists of: introduction, core, and appeasement by researchers with kolabolator, using the observation sheet and bottom students passing skills tests conducted before and after the model of play and observation sheets attitudes of the students which include attention, activity, and ketekunan.Analisis data using quantitative descriptive analysis techniques percentage. The results showed that the plastic ball with tools to enhance learning volleyball skills of passing especially increasing the percentage of students increased from 60.60% in the first cycle to 85.83% in the second cycle. Research also produces a high percentage of students in the attitudes that include increased attention from 84.76% in the first cycle to 89.05% in the second cycle, the activity increased from 83.81% in the first cycle to 86.19% in the second cycle, persistence increased from 84.76% in the first cycle to 87.14% in the second cycle.

Keywords: bermainbolavoli, modification tool plastic balls

PENDAHULUAN
Didalam proses pembelajaran bolavoli siswa kelas IV SD Negeri I Paningkaban pada umumnya  sebagian kecil yang memahami dan  memiliki keterampilan dasar dalam permainan bolavoli. Dalam pembelajaran siswa banyak mengalami kesulitan dalam melakukan teknik dasar (passing bawah). Sehingga para siswa merasa gagal dan beralih kecabang olahraga lain, disamping itu proses pembelajaran kurang menyenangkan dan terkesan monoton hal ini disebabkan kurangnya aplikasi-aplikasi model dan metode yang disajikan didalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran kurang adanya inovasi didalam menggunakan sarana maupun prasarana dalam proses pembelajaran materi yang menilai bahwa pemanfaatan alat dan penerapan modifikasi kurang dimaksimalkan.
Untuk mengatasi hal tersebut di atas maka peneliti menggunakan pendekatan bermain dengan alat bantu bola plastik. Pada dasarnya anak suka dengan bermain, karena dunia anak adalah dunia bermain. Alat bantu bola plastik diharapkan siswa akan lebih termotivasi dalam proses pembelajaran passing bawah, karena bola plastik merupakan bola yang cukup ringan dan terasa lebih lunak jika menyentuh lengan siswa. Berkaitan dengan permasalahan tersebut di atas peneliti mencoba meningkatkan pembelajaran passing bawah bolavoli dengan bermain. Melalui pendekatan bermain dengan alat bantu bola plastik sebagai upaya tindakan peneliti, diharapkan dapat meningkatkan proses pembelajaran, dan selanjutnya akan meningkatkan hasil belajar siswa karena pada dasarnya siswa SD suka dengan bermain.
METODE PENELITIAN
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus. Penelitian tindakan kelas adalah suatu perencanaan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Tindakan tersebut diberikan oleh guru terhadap siswa dengan hasil akhir berupa laporan tindakan yang dilakukan oleh siswa, bukan tindakan yang dilakukan oleh guru. Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk mengadakan perbaikan atau peningkatan mutu praktik pembelajaran di kelas.



Waktu dan Tempat Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri I Paningkaban. Penelitian ini direncanakan mulai bulan Mei 2012 dan selesai penyusunannya pada bulan Juli 2012.Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Juli 2012.
Subjek Penelitian
subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV Jumlah siswa adalah 35 orang, siswa putra berjumlah 20 orang, siswa putri sejumlah 15 orang.
Prosedur Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) sehingga desain penelitiannya mengacu pada desain PTK yang terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, melakukan tindakan, pengamatan dan melakukan refleksi.
Data, Instrumen, dan Teknik Pengumpulan Data
Observasi =Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara kolabolator melakukan observasi tentang kesesuaian antara rencana pembelajaran dengan kenyataan pembelajaran di lapangan yang dilakukan oleh peneliti atau guru, Kemudian dicatat dalam lembar observasi guru.Observasi terhadap siswa juga dilakukan tentang keadaan yang sesungguhnya di dalam pembelajaran, yang di dasarkan pada rencana pembelajaran, hasilnya juga dicatat dalam lembar observasi siswa. Tes=Teknik Tes yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah: Tes keterampilan passing bawah selama satu menit kemudian guru atau peneliti mengisi instrument penilaian passing bawah. Tes keterampilan passing bawah akan dilakukan  diawal dan sesudah pemberian tindakan.

Teknik Analisis Data
Data disajiakan secara deskriptif kuantitatif pada hasil penelitian. Tes yang dilaksanakan berupa tes hasil belajar siswa (passing bawah).Hasil tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan dihitung nilai rata-rata, kemudian dikategorikan dalam batas-batas penilaian yang didasarkan pada ketuntasan siswa terhadap materi pelajaran yang diberikan.

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Berdasarkan hasil refleksi dan analisis data dari setiap pertemuan, maka hasil penelitian tindakan kelas tentang modifikasi bola plastik dapat meningkatkan hasil pembelajaran passing bawah bolavoli pada siswa kelas IV Antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran bolavoli dengan modifikasi bola plastik terlihat dari sikap siswa yang positif. Hal ini terlihat dari aspek perhatian, keaktifan, dan ketekunan siswa yang tinggi sejak siklus I sampai siklus II. Peningkatan kemampuan siswa dalam menguasai passing bawah dengan bola plastik juga meningkat dari persentase 60,60% pada siklus I menjadi 85,83% pada siklus II. Dengan hasil tersebut mampu meningkat dan mencapai ketuntasan dalam belajar yaitu 85,83%. Jadi secara umum dapat dikatakan bahwa modifikasi bola plastik dapat meningkatkan kemampuan passing bawah bolavoli siswa.

SIMPULAN DAN SARAN
Simpulan
Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan alat modifikasi bola plastik dapat meningkatkan pembelajaran bolavoli khususnya meningkatkan keterampilan atau teknik. Dengan bola plastik keterampilan dasar bolavoli siswa meningkat dari persentase 60,60% pada siklus I menjadi 85,83% pada siklus II. Penelitian juga menghasilkan persentase yang tinggi pada sikap siswa yang meliputi perhatian yang meningkat dari 84,76% pada siklus I menjadi 89,05% pada siklus II, keaktifan meningkat dari 83,81% pada siklus I menjadi 86,19% pada siklus II, ketekunan meningkat dari 84,76% pada siklus I menjadi 87,14% pada siklus II.

Saran
            Agar guru penjas dapat mengadakan penelitian yang sama untuk dapat meningkatkan generalisasi dan juga juga perlu meningkatkan kreativits dalam memodifikasi sarana dan prasarana agar pembelajaran bolavoli dapat berjalan lebih efektif.

DAFTAR PUSTAKA
Bachtiar, dkk.(2004). Permainan Besar II Bola Voli dan Bola Tangan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Herry Koesyanto. (2004). Belajar Permainan Bola Volley. Semarang: FIK UNNES.

Rusi Lutan. (2005). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Penjaskes. Jakarta: Direktur Jenderal Olahraga.


Suharsimi Arikunto, dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:PT.Bumi Aksara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar